Selasa, 31 Juli 2012

Paradox

Paradoks....
Paradoks adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian; dasar pemikiran; alasan;  asumsi;  kalimat atau proposisi yg dijadikan dasar penarikan kesimpulan di dl logika), yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada suatu konflik atau kontradiksi.

masi bingung kan? kalo pake bahasa tamara aja paradoks itu Adalah satu kalimat yang jelas benar-salahnya, tapi saat kalimat ini digabungkan dengan kalimat yg lain, yg sama2 jelas benar-salahnya, ternyata muncul suatu pertentangan (kontradiksi) atau suatu kesimpulan yg gak masuk akal. Nah, kira2 kaya gitulah paradoks.
Meskipun logika perlu kita gunakan saat menghadapi berbagai persoalan dalam hidup, ketika kita menghadapi paradoks, kita perlu lebih cerdik lagi dalam memanfaatkan kemampuan berlogika kita. Kebanyakan paradoks memang muncul karena kepandaian manusia sendiri bermain2 dengan keterbatasan bahasa, simbol2, dan logika..
kalo masi bingung tamara kasi contohnya ajaya 

contohnya:



PARADOKS KEBEBASAN

Yg namanya kebebasan itu sebenernya gak ada atau paradoks. Buktinya, misalnya ada satu prinsip : “Manusia mempunyai kebebasan untuk berbuat menurut kehendak”
Konsekuen logika nya itu : “Siapa saja bebas menghapuskan
prinsip kebebasan tersebut “ hehe keren kan


DI DUNIA INI TIDAK ADA YANG PASTI

“Di dunia ini tidak ada yg pasti” . Untuk membuktikan bahwa pernyataaan ini adalah sebuah paradoks, coba tanya deh ama temen kamu “ Apa kamu yakin bahwa di dunia gak ada yg pasti?” Kalo dia jawab “Saya yakin bahwa di dunia ini tidak ada yg pasti.”
Itu arti nya ia sendiri sedang menentang keyakinannya! Seseorang yg menjadikan keraguan pada semua hal di dalam hidup ini sebagai prinsip hidup nya, bukankah ia juga akan meraukan keraguannya sendiri?^^


PARADOKS ‘MESIN WAKTU’

misalnya ya mesin waktu itu uda ditemukan, lalu kamu pergi ke masa lalu dan ketemu dengan kamu yg masih bayi. Kemudian kamu membunuh bayi itu. mungkin gak ya? Kalo bayi itu meninggal berarti dia gak bisa tumbuh dewasa dan masuk ke mesin waktu dong? Kalo gak masuk mesin waktu berarti gak ada yg membunuh dong? pusing kan-_-
Memang begitulah, paradoks ini jika kamu runtut malah bakal menjadi suatu lingkaran setan yg gak bakal bisa di putusin. Gilanya, paradoks ini udah ada padahal mesin waktu aja sampe skrg belum ditemukan.....

Paradoks yg sama juga ada nih kayak gini..
Gimana kalo seorang berangkat ke masa depan kemudian mengambil sebuah teori yg sudah terbukti pada jurnal X dari masa depan dan membawa pulang ke masa dia sendiri dimana teori itu belum dicetuskan kemudian mengajarkan pada salah satu murid. Kelak ketika murid nya dewasa, dia akan menuliskan jurnal X tersebut yg berisikan teori yg diajarkan oleh gurunya. Permasalahan nya, dari mana asal teori tersebut? Siapa yg menemukannya? Yg pasti bukan gurunya, karena ia mengambil dari masa depan dan juga bukan murid nya karena teori itu diajarkan oleh gurunya.

Asbak rokok
udah pada pasti taukan ini paradox nya gimana? hehe pikir sendiri deh biar tau...







hihi itu ajasih contoh yg tamara tau, jangan sampai pusing yah, eh kabarnya ada lo yg sampe gila karna paradox, jangan dipikirin kali deh, hanya allah yg tau...... 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar